PROFIL PUSKESMAS LIMBOTO BARAT

A.Gambaran Umum
Puskesmas Limboto Barat terletak di Kecamatan Limboto Barat yang merupakan salah satu wilayah administrative di Kabupaten Gorontalo di gambarkan sebagai berikut:
1.Keadaan Geografis
Puskesmas Limboto Barat merupakan salah satu Puskesmas Yang ada di Kabupaten Gorontalo
Batas wilayah daerah adalah sebagai berikut:
SebelahTimur berbatasan dengan Kec.Limboto
Sebelah Barat berbatasan dengan Kec.Tibawa
Sebelah Utara berbatasan dengan Kec.Kwandang
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec.Batudaa
Luas wilayah 154,95 KM2 dengan wilayah kerja sebanyak 8 desa kemudian diakhir tahun 2007 dimekarkan menjadi 10 desa.
2.Iklim
Kecamatan Limboto Barat Merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Gorontalo yang merupakan daerah tropis yang terdapat 2 musim yaitu musim penghujan yang berlangsung dari bulan Desember sampai bulan Maret dan musim kemarau yang berlangsung dari bulan Juni sampai bulan September, iklim ini bergantian dalam keadaan normal setiap 6 bulan.
Suhu rata – rata 28o – 32o Celcius dengan curah hujan rata – rata 128,75 mm dan rata – rata hari hujan 187 hari hujan per tahun. Kelembaban rata – rata 70% - 90 %.
3.Kependudukan
Kebijakan kependudukan diarahkan kepada pembangunan sumber daya manusia yang berciri mandiri untuk melanjutkan pengembangan kualitas dan peningkatan mobilitas dengan tetap memberikan dukungan terhadap pengendalian jumlah, struktur, komposisi serta pertumbuhan dan persebaran penduduk yang ideal, melalui upaya pengendalian kelahiran, menekan angka kematian dan meningkatkan kualitas program keluarga berancana.
Berdasarkan data BPS diperoleh jumlah penduduk Kabupaten Gorontalo pada tahun 1996 sebanyak 453.357 jiwa terus bertambah tiap tahun, danpada tahun 2000 sebanyak 514.107 jiwa, jumlah KK 133.400 KK dan 38.620 termasuk KK miskin ( 28,95 % ), laju pertumbuhan penduduk rata – rata ( 1990-2000) sebesar 1,67%, dengan kepadatan rata 121 jiwa/km2.
Jumlah penduduk di Kecamatan Limboto Barat pada tahun 2010 di 10 desa sebanyak 23.323 Jiwa yang terdiri dari laki-laki Jiwa ( ) dan Perempuan sebanyak ( ).Selain suku asli terdapat juga suku lain yang telah lama menetap diantaranya Jawa,Bugis,Bali,Minahasa dan suku keturunan lain. Potensi hidrologi dimanfaatkan untuk mengairi sawah, air minum dan berbagai kebutuhan masyarakat lainnya.

B.TENAGA DAN JUMLAH SARANA KESEHATAN DI WILAYAH PUSKESMAS LIMBOTO BARAT

1. Tenaga Kesehatan di Puskesmas Limboto Barat

- Dokter Umum : 2 Orang
- Perawat : 13 Orang
- Perawat Gigi : 3 Orang
- Sarjana Kesehatan Masyarakat : 4 Orang
- Sanitasi : 3 Orang
- Gizi : 2 Orang
- Bidan : 7 Orang
- Pekarya : 3 Orang
- Sopir : 1 Orang
- Tenaga Magang : 15 Orang

2. Sarana Kesehatan yang ada di wilayah kerja puskesmas Limboto Barat

- Gedung Puskesmas : 2
- Puskesmas Pembantu : 6
- Poskesdes : 5
- Posyandu : 17

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar